Sabtu, 10 Agustus 2024

SMAS PLUS MIFTAHUL ULUM MELAKUKAN PENGIMBASAN “IHT IKM” dengan SEKOLAH IMBAS

Sebelah kanan Kepala SMAS Plus Miftahul Ulum, Rumzil Azizah, M.Pd,  A. Sudianto, M.Pd (baju kunig), Nilta Najmur Rahman, M.M, dan Suratman, M.Pd.

TARATE – SMAS Plus Miftahul Ulum Tarate Sumenep melakukan pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dengan sekolah imbas diantarannya; SMA Darut Tauhid, SMA Darul Ulum Ganding dan SMA Darul Ulum Batang-Batang yang bertempat di Gedung Laboratorium Komputer II SMAS Plus Miftahul Ulum, Sabtu (10/8/2024).

Peserta tiga sekolah imbas IHT Inplementasi Kurikulum Merdeka 

Acara pembukaan dipandu oleh Bapak Suratman, M.Pd, guru Fisika SMAS Plus Miftahul ULum. Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh Ibu Halimatus Sa’diyah, M.H, Guru PAI, acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dipandu oleh ibu Iriyanti, S.Pd sebagai dirigen.

Sambutan dan laporan kegiatan pengimbasan Ketua TIM Pengimbas
Nilta Najmur Rahman, M.M.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan yang pertama oleh ketua tim Pengimbas Bapak Nilta Najmur Rahman, M.M yang di dalam sambutannya melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program pengimbasan yang dimulai dari inisiasi bersama tiga sekolah imbas yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2024, di lanjutkan dengan penyusunan dokumen perencanaan pengimbasan, di mana tim pengimbas berkunjung ke tiga sekolah imbas dengan instrument menganalisis rapor pendidikan sekolah imbas dan melihat kondisi dan kebutuhan sekolah imbas. Pada saat ini masuk pada tahap pelatihan dengan tema IKM yang dikemas dengan In House Training asesmen, penysunan perangkat ajar dan metode pembelajaran inovatif selama dua hari.

Sambutan Kepala Sekolah SMAS Plus Miftahul Uum
Ibu Rumzil Azizah, M.Pd

Sambutan yang kedua oleh kepala SMAS Plus Miftahul Ulum, Ibu Nyai Rumzil Azizah, M.Pd menyampaikan beberapa hal; pertama, mengucapkan selamat datang kepada Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep Bapak A. Sudiyanto, M.Pd yang telah hadir memenuhi undangan, kedua menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala sekolah imbas dan seluruh peserta dalam pelatihan IHT, hal ini merupakan wujud kita bersama dalam meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang ada di sekolah masing-masing.

Beliau melanjutkan kegiatan ini bukan hanya selesai ketika pelatihan usai, namun bagaimana peserta bersama-sama untuk mengimplementasikan apa yang telah diperoleh, sehingga bisa dirasakan langsung oleh peserta didik dimasing-masing sekolah. Neng Sisil sapaan akrab meneruskan bahwa “Kami siap sebagai sekolah pengimbas bila mana dibutuhkan dalam hal berbagi praktek baik yang telah kami lakukan selama menjalankan program sekolah penggerak angkatan ke-1 di sekolah imbas walaupun nantinya limasa pengimbasan ini sudah selesai, ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mensukseskan visi pendidikan Indonesia”.

Sambutan dan sekaligus pembukaan oleh A. Sudianto, M.Pd

Sambutan yang ketiga dan sekaligus membuka kegiatan ini adalah Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep Bapak A. Sudianto, M.Pd, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program sekolah penggerak angkatan pertama, yang mana di tahun keempat diwajibkan untuk mengimbaskan ke tiga sekolah, namun tidak serta merta sekolah SP dapat mengimbaskan ke sekolah imbas, ada beberapa kriteria yang salah satunya di lihat dari capaian rapor pendidikan sekolah SP tersebut, begitu juga dalam penetapan nama-nama sekolah imbas.

Selain itu sambungnya, kita harus mampu merubah maindset dalam melakukan proses pembelajaran di kelas yang semula menggunakan teacher center menjadi student center. Guru juga dituntut untuk berinovasi dalam pembelajaran di kelas, karena peserta didik mempunyai karakter yang berbeda-beda. Beliau melanjutkan dengan menceritakan keberhasilan negara Finlandia sebagai negara pendidikan yang terbaik di dunia. “Disana yang menjadi mesin penggerak pendidikan salah satunya adalah komunitas belajar yang ada di sekolah, dimana komunitas tersebut selalu aktif dalam pembahasan-pembahasan yang terjadi disekolah tersebut, contoh: Ketika guru menggunakan satu metode yang gagal, guru akan berkonsultasi dengan rekannya untuk mencoba metode yang lain” jelas Sudi.

Sesi kedua dilanjutkan pelatihan IHT IKM yang dipandu langsung ibu Halimatus Sa’diyah, M.H dengan pemateri pertama ibu Aisyah Fiyanti, S.Pd dengan topik Asesmen dan dilanjutkan oleh ibu Ema Yuliatin, S.Si Penyusunan perangkat ajar dan metode pembelajaran inovatif, kedua narasumber adalah guru SMAS Plus Miftahul Ulum dan juga sepagai peserta guru penggerak angkatan 11.

Sebelah kiri, nara sumber 1 Ema Yuliatin, S.Si, Narasumber 2 Aisyah Fiyanti, S.Pd (posisi tengah)
dan Halimatus Sa'diyah, M.H. (moderator)

Kegiatan ini dihadiri oleh 8 guru dari SMA Darut Tauhid, 9 guru SMA Darul Ulum Ganding, 10 guru SMA Darul Ulum Batang-Batang dan 6 guru pendamping dari SMAS Plus Miftahul Ulum. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat saling berbagi, belajar dan berkembang melalui program pengimbasan Kurikulum Merdeka.

Tags :

bm

NILTA NAJM RAHMAN

MEDIA SMAS PLUS MIFTAHUL ULUM

Ditunggu ide-idenya pada kolom komentar sebagai ikhtiar bersama meningkatkan kualitas pendidikan

  • NILTA NAJM RAHMAN
  • Jl. Pesantren No. 11 Tarate Pandian Sumenep
  • smaplusmu@gmail.com
  • 085233233188

Posting Komentar