Info

Senin, 19 April 2021

MENUJU SEKOLAH PENGGERAK

MENUJU SEKOLAH PENGGERAK

Team Sekolah Penggerak melakukan persiapan denga Pengawas Binaan Sekolah

MENUJU SEKOLAH PENGGERAK

Pada tanggal 16 Juni 2018 Kepala SMA Plus Miftahul Ulum yang ke 3 baru dilantik, hingga saat ini dalam menjalankan tugasnya kurang lebih selama 3 tahun, dalam kepemimpinannya ibu Rumzil Azizah, M,Pd banyak trobosan-trobosan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan SMA Plus Miftahul Ulum, salah satunya yang dilakukan baru-baru ini belliau mendaftarkan diri untuk mengikuti Sekolah Penggerak yang diadakan oleh Kemendikbud, yang mana program ini adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistic yang mencakup kompetensi )  literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (Kepala Sekolah dan Guru) dan juga program ini merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program sekolah penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi program sekolah penggerak.  

 

Tes Tahap 2 "Peer Teaching"

Ada 23 Kepala SMA Negeri/Swasta yang ikut berkompetisi dalam Sekolah Penggerak ini, 9 sekolah negeri dan 14 sekolah swasta di Kabupaten Sumenep. Untuk terjaring dalam sekolah penggerak harus melalui beberapa tahapan tes, Seleksi Tahap 1 yang didalamnya mengisi daftar riwayat hidup (CV), Esai (mengenai hal-hal yang pernah dilakukan selama memimpin), dan Tes Bakat Skolastik (TBS). Pada tanggal 10-12 Maret 2021 Seluruh kepala sekolah mengikuti tes tahap 1 termasuk juga Neng Sisil panggilan akrab Kepala SMA Plus Miftahul Ulum. Beliau menyampaikan tesnya sulit lebih sulit dari soal tes CPNS, namun dari niat, upaya dan tekat untuk meningkatkan mutu pendidikan SMA Plus Miftahul Ulum terbayarkan dengan keluarnya nama SMA Plus Miftahul Ulum lulus tes tahap 1, bukan berhenti disini namun ada lagi tes tahap 2 yaitu tes mengajar dan wawancara yang dilaksanakan pada 14 April 2021 dan sudah melewati tes tahap 2 ini, beliau menyampaikan tes tahap 2 ini melebihi tes tesis S2nya yang baru-baru ini beliau selesaikan.

Team Sekolah Penggerak dalam melaksanakan Tes Tahap 2 "Wawancara"

Dalam tes tahap 2 ini, pertama saya seolah-olah megajar di depan siswa selama 10 menit, setalah itu kurang lebih 2.5 jam wawancara yang isinya mengenai kebijakan-kebijakan yang saya putuskan selama saya memimpin, dan juga terobosan-terobosan yang saya lakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah saya pimpin. Dalam hal ini saya lakukan hanya untuk memberikan motivasi bagi semua guru dan siswa agar selalu berperan aktif dalam meningkatkan mutu sekolah kita, kalau guru bisa ditunjukkan dalam meningkatkan kompetensinya dan juga loyalitas dalam menjalankan tupoksinya sedangkan murid semangat dalam menimbah ilmu dan mentaati aturan yang ditetapkan oleh sekoalah. Kita tunggu hasil dari tes tahap ke 2 ini, somoga hasilnya sesuai harapan kita semua, pungkas neng sisil. Pesan beliau sebelum tem redaksi mengakhirinya adalah “selama saya diberi kesempatan untuk tetap memimpin di lembaga ini, saya waqafkan diri saya untuk mengabdi secara totalitas” ungkap neng sisil sambil menutup wawancara kami sambil melepas senyumnya pada kami. (Dankey.Red)

 

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact