Rabu, 07 Juni 2023

SOSIALISASI PENETAPAN PEMETAAN KELAS X di FASE F TAHUN PELAJARAN 2023/2024


Terate, Sosialisasi hasil keputusan kepala SMAS Plus Miftahul Ulum tentang penetapan pemetaan kelas X di fase F yang diselenggarakan pada hari Senin, 3 Juni 2023 dilaksanakan dua sesi, sesi pertama dilaksanakan di ruang kelas XII yang mana pesertanya seluruh kelas X putri dan sesi ke dua dilaksanakan di ruang Lab Komputer II pesertanya seluruh kelas X putra. Ketua Tim pengembang kurikulum SMAS Plus Miftahul Ulum Bapak Nilta Najmur Rahman menyampaikan bahwa terbitnya surat keputusan kepala sekolah terkait tentang penetapan pemetaan kelas X di fase F sesuai dengan regulasi yang ada, mulai dari penyebaran angket minat bakat, angket pilahan mapel di fase F, masukan dari tim BK, masukan dari beberapa wali kelas dan guru sehingga sekolah mempunyai pijakan untuk menetapkan pemetaan kelas bagi siswa kelas X yang akan melanjutkan di fase F. 


“Dasar dalam pemilihan mata pelajaran pilihan dalam Kurikulum Merdeka adalah minat, bakat, dan kemampuan peserta didik. Sangat penting bagi peserta didik untuk memahami minat dan bakat, serta menyadari kemampuan mereka dalam bidang yang diminati. Namun, kebanyakan peserta didik di usia remaja masih bingung mengenali dirinya. Oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak terutama satuan pendidikan dan orang tua sangatlah penting. Dukungan dari satuan pendidikan terhadap peserta didik dapat dilakukan melalui : a) sosialisasi terkait pemilihan mata pelajaran pilihan; b) eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan; c) informasi tentang rencana alternatif karier setelah SMA; d) pendampingan dalam pemilihan mata pelajaran pilihan dan e) dukungan kebijakan yang memberikan keleluasaan dalam pengembangan minat, bakat, dan kemampuannya. Selanjutnya, dukungan dari orang tua diharapkan dapat membantu proses pemilihan mata pelajaran pilihan dan rencana karier peserta didik setelah selesai SMA. Proses ini dilakukan melalui komunikasi secara terbuka sebagai upaya untuk mendorong kepercayaan diri peserta didik dalam mengungkapkan harapan-harapannya dan dapat membantu proses eksplorasi minat, bakat, dan kemampuannya”, ujar Bapak yang berambut putih.


Sosialisasi ini penting dilakukan kepada seluruh siswa dan wali murid, dan yang kami lakukan untuk kali ini adalah sosialisasi kepada seluruh siswa kelas X, dan insyaallah untuk sosialisasi kepada wali murid kami agendakan bersamaan dengan pembagian rapor pada tanggal 24 Juni 2023 ujar bapak nilta sapaan akrabnya. (najm.red)

Tags :

bm

NILTA NAJM RAHMAN

MEDIA SMAS PLUS MIFTAHUL ULUM

Ditunggu ide-idenya pada kolom komentar sebagai ikhtiar bersama meningkatkan kualitas pendidikan

  • NILTA NAJM RAHMAN
  • Jl. Pesantren No. 11 Tarate Pandian Sumenep
  • smaplusmu@gmail.com
  • 085233233188

Posting Komentar