Rabu, 01 November 2023

PRAKTIK BAIK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA "PANGIMBASAN IKM"

Terate, Pengawas Binaan SMAS Plus Miftahul Ulum H. A. Suriyanto, M.Pd mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh SMAS Plus Miftahul Ulum sebagai sekolah penggerak Angkatan pertama yang mengimbaskan kepada lima sekolah yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep. “Pengimbasan bertujuan agar transformasi Pendidikan berlangsung lebih cepat dan merata ke semua sekolah karena kita memahami bahwa Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan katalis untuk merealisasikan visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila” ucap Bapak Sur sapaan akrab beliau.

Bapak Sur juga menekankan pentingnya guru untuk mengikuti perkembangan zaman terutama dengan pemanfaatan teknologi. Kemampuan pendidik dalam mentransformasikan pendidikan harus terus diasah guna mempersiapkan bekal bagi generasi mendatang. “Dengan teknologi, sekat pembelajaran dapat kita hilangkan. Guru harus rajin memperbarui indormasi di berbagai kanal guna meningkatkan kualitas dirinya serta memberikan layanan terbaik bagi peserta didik,” tekan Bapak Sur.

Kepala SMAS Plus Miftahul Ulum, Rumzil Azizah, M.Pd mengaku senang menerapkan Kurikulum Merdeka Angkatan pertama. Menurutnya, esensi kurikulum tersebut sudah sejalan dengan perkembangan zaman saat ini. “Dengan adanya Kurikulum Merdeka, kami merasa senang karena konsep pembelajaran yang menyenangkan sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik” Ucap Kepala Sekolah yang telah mengabdi kurang lebih 5 tahun.

“Proses pengimbasan diawali dengan koordinasi antar kepala sekolah imbas untuk Menyusun jadwal masing-masing sekolah dengan tujuan agar pengimbasan ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat diimplementasikan disekolah imbas dan hasil dari koordinasi antar kepala sekolah imbas di sepakati pengimbasan menggunakan dua metode yaitu daring dan luring. Pelaksanaan Pengimbasan Luring dilaksanakan di sekolah kami dan di hadiri oleh Kepala Sekolah dan Wakasek Kurikulum, untuk pengimbasan dengan metode daring di sepakati melalui komunitas kami KOHI di Platform Merdeka Mengajar yang mana pesertanya seluruh guru sekolah imbas dan guru yang mendaftar di komunitas KOHI PMM” ungkap Neng Sisil sapaan akrabnya.


Besarnya manfaat yang dirasakan oleh sekolah kami yaitu meningkatnya prestasi yang dicapai oleh siswa kami Ketika mengikuti event, seperti Juara 3 Biology Smart Event SMA Sederajt Se-Madura, Juara II Lomba Daur Ulang Sampah Tingkat SLTA Se-Sumenep, Juara II Olimpiade Matematika Tingkat SLTA Se-Madura, Juaraa I Lomba Tahfidz Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat Se-Madura, Juara II Loba Karya Tulis Ilmiah S-Madura Tingkat SMA-Sederajat dan banyak lain prestasi yang dicapai oleh peserta didik kami.” ucapnya.



Tags :

bm

NILTA NAJM RAHMAN

MEDIA SMAS PLUS MIFTAHUL ULUM

Ditunggu ide-idenya pada kolom komentar sebagai ikhtiar bersama meningkatkan kualitas pendidikan

  • NILTA NAJM RAHMAN
  • Jl. Pesantren No. 11 Tarate Pandian Sumenep
  • smaplusmu@gmail.com
  • 085233233188

Posting Komentar