Selasa, 07 Februari 2023

Refleksi Satu Abad Nahdlatul Ulama, Kepala SMAS Plus Miftahul Ulum Sampaikan Tiga Pesan Penting

 

Siswa ikuti resepsi satu abad NU
Peserta didik ikuti resepsi satu abad NU | dok.pri

Pandian-Sumenep. Senin (7/2/2023). Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama memberikan warna tersendiri bagi setiap kalangan, tak terkecuali dalam lingkup pendidikan. Melalui momentum ini, kepala SMAS Plus Miftahul Ulum sampaikan pesan positif untuk dijadikan refleksi. 

"Frasa merawat jagad membangun peradaban mengandung pesan, refleksi diri sebagai umat untuk turut membangun kemajuan bangsa, menghargai harkat dan martabat manusia, serta merawat alam dan lingkungan dengan baik khususnya untuk pendidik di sekolah," ujarnya penuh semangat saat ditemui tim redaksi. 

Kepala sekolah yang akrab dipanggil Neng Rumzil itu kemudian merinci lagi pesannya. Pertama, sebagai pendidik harus membangun kemajuan bangsa dengan cara mentransfer nilai-nilai positif kepada peserta didik.

"Pendidik di sekolah harus turut serta membangun kemajuan bangsa dengan usaha terus-menerus dan berkelanjutan dalam proses mentransfer nilai-nilai positif kepada anak didik," papar Neng Rumzil. 

Kedua, sebagai pendidik harus mencerminkan dan membimbing peserta didik agar memiliki rasa saling menghargai harkat dan martabat manusia. Pendidik juga harus mendorong peserta didik untuk berakhlaqul karimah. 

"Pendidik sudah semestinya mencerminkan sikap saling menghargai harkat dan martabat manusia, yakni berperilaku tasamuh, bersikap rendah hati dan menghargai orang lain, saling menghormati pekerjaan sesamanya, serta mendorong peserta didik bertoleransi dan berakhlaqul karimah," tutur Neng Rumzil. 

Ketiga, menurutnya, pendidik harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekolah. Tujuannya, agar tercipta lingkungan yang nyaman dan aman dalam proses belajar mengajar. 

"Merawat alam dan lingkungan dengan baik, yakni dengan cara menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga fasilitas sekolah dengan baik, menciptakan lingkungan bersih bagi warga sekolah menghantarkan pada hidup aman, nyaman, dan tentram. Pada akhirnya, segala proses pembelajaran yg diusahakan inshaa Allah tercapai," tambahnya kepada Tim redaksi.

Tags :

bm

Lutfi

MEDIA SMAS PLUS MIFTAHUL ULUM

Ditunggu ide-idenya pada kolom komentar sebagai ikhtiar bersama meningkatkan kualitas pendidikan

  • Lutfi
  • Jl. Pesantren No. 11 Tarate Pandian Sumenep
  • smaplusmu@gmail.com
  • 085233233188

Posting Komentar